Tips Tinggal Bersama Mertua

Tips Tinggal Bersama Mertua

Pasangan yang sudah menikah, idealnya hidup mandiri dan tinggal di rumah milik sendiri. Namun karena berbagai alasan, beberapa pasangan memutuskan untuk tinggal bersama orang tua.

Bagi mereka yang berstatus menantu, tinggal bersama mertua disebut-sebut bisa memicu masalah. Alasannya pun beragam, mulai dari perbedaan gaya hidup hingga pemikiran yang sering kali memicu konflik.

Tapi sekarang kesampingkan dulu tentang munculnya konflik dengan mertua. Pasalnya kamu bisa tinggal seatap dengan mertua dan hidup dengan damai dan bahagia tanpa drama. Yuk simak tipsnya berikut ini:

1. Tetapkan Batasan

Seatap dengan mertua menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan baru. Nah, ada baiknya sebelum memutuskan tinggal bersama mertua, pastikan kamu dan pasangan bicarakan tentang batasan yang berkaitan dengan aturan dasar berumah tangga.

Misalnya, berbagi pekerjaan rumah seperti menyiapkan makanan, menyapu, atau mengepel. Jangan lupa, pastikan kamu dan pasangan juga membantu orangtua (mertua) dalam hal pengelolaan biaya rumah tangga, ya.

Batasan ini juga berlaku bagi kalian yang akan keluar rumah. Pastikan selalu meminta izin setiap kali keluar rumah. Hal ini akan membuat mertua merasa dihormati dan dihargai.

2. Privasi

Ruang Privasi adalah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan, loh. Pastikan kamu dan pasangan punya area yang tidak sembarang orang masuk, termasuk mertua atau keluarga sendiri, misalnya kamar tidur. Kalau pun mertua ingin masuk ke kamar, sampaikan agar mereka mengetuk pintu lebih dulu.

3. Hindari Berargumen

Hidup dengan orangtua tentu memiliki banyak kenangan dan kebiasaan lama. Tak heran bila pasanganmu bergelut dengan pola kebiasan sama, layaknya masih melajang. Namun jika terjadi perdebatan antara orangtua dengan pasangan, ada baiknya kamu tidak ikut campur. Jika terjadi konflik, lebih baik kamu menahan diri atau masuk ke kamar. Dengan demikian kamu akan lebih paham mengenai ritme berumah tangga dan hidup harmonis.

4. Bahagiakan Mertua

Setiap menantu pasti ingin membahagiakan mertua layakanya orangtuanya sendiri. Agar hidup nyaman dan hubungan tetap harmonis antara menantu dan mertua, kamu bisa membahagiakan mereka dengan memberikan hadiah tak terlupakan pada momen yang tepat. Mulai dari memberikan hadiah favoritnya hingga memanfaatkan momen Hari Raya Idulfitri yang sebentar lagi akan datang.

No comments:

Powered by Blogger.