Ketahui 5 Tips Penting sebelum Membeli Harddisk Eksternal


Ketahui 5 Tips Penting sebelum Membeli Harddisk Eksternal

Ketika laptop yang kamu miliki kapasitasnya terlalu penuh pasti akan menurunkan performanya lho! Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu membackup data-data penting, baik di internet maupun harddisk eksternal. Harddisk eksternal berfungsi untuk menyimpan data-data penting kamu yang bisa dibawa kemana-mana. Bahkan saat kamu bepergian ke rumah teman atau  hangout pun tidak perlu repot lagi menenteng laptop yang berat itu. Cukup membawa harddisk eksternal yang bisa kamu simpan di tas.

Tips  Penting sebelum Membeli Harddisk Eksternal
Untuk membeli harddisk eksternal tidak bisa sembarangan lantaran produk ini dibuat oleh beragam pabrik elektronik. Untuk bisa memiliki harddisk eksternal yang cocok dengan kamu, setidaknya kamu dapat mengenal dan memahami harddisk tersebut. Bagaimana cara memilih harddisk eksternal yang baik? Nah, cara-cara mengenal harddisk eksternal akan diuraikan di bawah ini.

  1. Operasi Sistem yang Kompatibel
Ketika kamu berniat membeli harddisk eksternal, wajib banget memperhatikan kompatibilitas dan sistem operasi (OS) yang digunakan di laptop. Hal ini penting sekali dipertimbangkan sebelum kamu membeli harddisk tersebut.

Meskipun harddisk bisa diformat ulang jika mengalami kerusakan. Namun hal itu tidak berlaku dengan harddisk tertentu yang hanya bisa dipakai OS tertentu juga. Jadi pastikan kamu jangan sampai salah beli ya, karena kalau salah beli harddisk, biasanya akan berpengaruh terhadap performa laptop.

  1. Kapasitas Penyimpanan yang Cukup untuk Semua Dokumen
Memastikan ukuran harddisk yang sesuai dengan kebutuhan itu sangat penting sekali, sehingga kamu dapat menyimpan sejumlah dokumen penting dalam jumlah yang banyak. Berbeda ketika kamu membutuhkan harddisk untuk kebutuhan kantor saja, mungkin harddisk ukuran 750 GB saja sudah cukup. Akan tetapi, kalau kamu ingin menyimpan foto, video, dan koleksi film sebaiknya beli harddisk minimal 2TB agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Konektivitas untuk Sambungan Praktis
Hal yang perlu kamu pertimbangkan juga sebelum membeli harddisk ialah persoalan konektivitas. Perhatikan konektivitas harddisk dengan laptop kamu, apakah cocok atau tidak. Karena kebanyakan harddisk sebenarnya mengandalkan port USB agar bisa terkoneksi ke laptop. Ada beragam jenis port yang harus kamu sesuaikan dengan laptop, untuk port yang terkenal ada USB 3.0 dan USB 2.0. Kalau kamu menginginkan harddisk dengan kecepatan tinggi saat memindahkan file, maka pilih USB 3.0

  1. Kecepatan Mengolah Data
Sistem kerja harddisk eksternal akan kamu rasakan ketika mengolah dan membuka data, karena piringan di dalam harddisk akan terus berputar. Satuan kecepatan putaran piringan harddisk dihitung dalam RPM. Ketika RPM harddisk semakin tinggi, maka kecepatan mengolah data pun semakin cepat.

Jika kamu menginginkan performa yang lebih cepat pun bisa membeli harddisk dengan kecepatan 7.200 RPM. Kecepatan harddisk yang semakin tinggi akan membuat penonton film dan video di laptop tidak tersendat sama sekali.

  1. Pakai Garansi agar Aman Terlindungi
Barang-barang elektronik terkadang cepat rusak karena masalah teknis. Oleh karena itu sebelum kamu beli harddisk pastikan dulu apakah produk harddisk itu bergaransi resmi atau tidak. Hal ini sangat penting sekali agar jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu dapat mengklaim dan mendapat bantuan teknis yang memuaskan. Pasti gak mau kan kalau harddisk kamu rusak hanya dalam beberapa bulan setelah pembelian?

Demikianlah tips penting sebelum kamu membeli harddisk eksternal untuk keperluan kapasitas laptop kamu. Khusus untuk kamu yang awam dengan tata cara membeli harddisk, membaca artikel tentang kelebihan setiap produk harrdisk itu sangatlah penting. Bisa juga dengan menanyakan seputar harddisk langsung ke tokonya atau konsultasi via chat online.

No comments:

Powered by Blogger.