Mencegah Diabetes! Inilah 4 Manfaat Air Rendaman Ketumbar untuk Kesehatan Anda


Mencegah Diabetes! Inilah 4 Manfaat Air Rendaman Ketumbar untuk Kesehatan Anda

Sering digunakan di dapur sebagai peningkat citarasa makanan, ternyata ketumbar memiliki banyak manfaat yang ampuh bagi kesehatan loh!

Ketumbar merupakan salah satu rempah untuk meningkatkan cita rasa dapur pada umumnya. Ketumbar dibuat melalui proses pengeringan biji ketumbar. Rasa ketumbar yang pahit hambar mampu meningkatkan rasa dan aroma masakan.

Selain digunakan sebagai bahan masakan, ketumbar juga dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalsium, potasium, zat besi, Vitamin A, C, dan K, asam folat dan magnesium. Cara memanfaatkannya cukup mudah yaitu merendam ketumbar semalam penuh kemudian kamu minum air rendaman tersebut.

Jika kamu tertarik mencobanya, berikut beberapa manfaat ketumbar bagi kesehatan yang perlu kamu tau yang telah tim rumah123.com rangkum untukmu.
1.     Mencegah Diabetes
Penyebab utamanya terjadinya diabetes adalah tidak terkontrolnya gula darah dalam tubuh. Ketumbar dapat merangsang tubuh terutama kelenjar endokrin untuk meningkatkan produksi insulin. Insulin akan menjaga kadar glukosa darah dalam tubuh melalui proses asimilasi gula. Dengan meminum air rendaman ketumbar, kadar gula darahmu akan lebih baik.

Cara membuat ramuan ketumbar ini cukup mudah. Siapkan 10 gram ketumbar kemudian tumbuk hingga agak halus. Kemudian rendam dalam air sebanyak 2 liter selama kurang lebih 8 – 10 jam. Sebaiknya Anda membuat saat sebelum tidur, dan meminumnya saat pagi hari.

2.     Mencegah Keputihan
Salah satu masalah yang paling tidak disukai wanita adalah keputihan. Seringkali keputihan terjadi diakibatkan adanya radang di bagian dalam organ vital wanita. Air rendaman ketumbar berkhasiat untuk mengurangi lendir yang berlebih. Dengan meminum air rendaman ketumbar secara rutin, kamu dapat mengurangi keputihan yang terjadi.

Caranya yaitu rendam ketumbar secukupnya di dalam gelas berisi air saat malam hari. Kemudian minum saat bangun tidur, lakukan kegiatan ini secara rutin kurang lebih selama seminggu. Pastikan Anda menggunakan ketumbar yang masih berbentuk biji, bukan ketumbar olahan karena akan berpengaruh pada khasiat yang akan dirasakan.

3.     Mencegah Peradangan
Ketumbar selain memiliki nutrisi yang baik, ternyata memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak. Dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar secara rutin, kamu dapat mencegah terjadinya peradangan akibat radikal bebas. Salah satunya yakni radang sendi atau disebut juga Arthritis.

Beberapa gejala radang sendi di antaranya yakni sendi terasa kaku, mati rasa, dan kesemutan. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera minum air rendaman ketumbar setiap hari. Selain itu, antioksidan tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuhmu.

4.     Mencegah Rematik
Rasa sakit akibat menderita rematik sering kali membuat siapa saja gusar. Terutama bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas. Air rendaman ketumbar dapat menjadi solusi ampuh bagimu. Asam linoleate dan cineole yang terdapat dalam ketumbar memiliki karakter sebagai antirematik, sehingga mampu mencegah terjadinya rematik atau peradangan di sendi.

Caranya cukup mudah, yaitu buat rendaman air ketumbar setiap malam sebelum tidur. Kemudian minum setelah bangun tidur dan saat perut masih kosong, agar penyerapan air ketumbar oleh tubuh bisa maksimal. Sehingga kamu bisa segera merasakan manfaatnya.
Meskipun bentuk ketumbar sangat kecil dan sering menjadi rempah dapur, ternyata ketumbar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bukan? Lalu, apakah kamu sudah tertarik untuk mencobanya? Jika perlu ajak anggota keluarga lainnya untuk ikut mencobanya. Jangan lupa dilakukan secara rutin ya untuk hasil yang maksimal!



No comments:

Powered by Blogger.