Tips Memilih Resolusi Kamera CCTV yang Sesuai dengan Kebutuhan

CCTV Wireless

Seiring berkembangnya teknologi, kamera CCTV tanpa kabel murah pun kini dianggap menjadi salah satu barang elektronik yang sangat penting bagi masyarakat karena kegunaannya tak hanya menguntungkan dari sisi keamanan namun juga memberikan kemudahan lainnya. Misalnya saja, bisa mengontrol sekaligus memantau beberapa lokasi tertentu dari layar monitor secara real time, yang mana bisa dihubungkan dengan smartphone.

Selain bisa digunakan di tempat pribadi seperti rumah, misalnya, kamera CCTV juga banyak digunakan di berbagai tempat umum seperti pusat perbelanjaan, sekolah, ATM, kampus, perkantoran, tempat parkir, rumah sakit, hingga jalan raya. Tak hanya itu saja, banyak pula tempat-tempat lainnya yang juga dipasangi CCTV dengan alasan keamanan. Maka dari itu, produsen CCTV banyak yang meluncurkan beragam produk kamera keamanan, seperti cctv tanpa kabel murah, IP Camera, Smart Camera, dan sebagainya.

Nah, bicara soal CCTV, kamera keamanan satu ini memiliki jenis yang bermacam-macam, baik dari segi harga hingga kualitas spesifikasinya. Karena harganya yang beragam, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja masalah budget. Jika budget yang Anda miliki minim, bisa memilih kamera CCTV yang memiliki resolusi rendah dan TVL rendah. Tapi, bila memiliki budget lebih, Anda bisa memilih kamera CCTV yang beresolusi tinggi. Berikut ringkasan tentang perbandingan standar kualitas resolusi gambar pada CCTV:

·         1/3″ CMOS/CCD, Ultra High Image Quality, 650/700 TVL

·         1/3″ CMOS/CCD, Very High Image Quality, 540/600 TVL

·         1/3″ CMOS/CCD, High Image Quality, 480/520 TVL

·         1/4″ CMOS/CCD, Standard Image Quality,380/420 TVL

Perlu Anda ketahui, semakin tinggi TVL maka semakin tinggi pula resolusi atau standar ketajaman gambar yang dihasilkan kamera CCTV. Hasil rekamannya pun biasanya akan mengikuti kualitas resolusi dari sistem alat perekam atau dikenal dengan DVR. Hanya saja, hasil rekaman CCTV dengan resolusi tinggi biasanya akan jauh lebih bagus dibanding dengan hasil rekaman yang dihasilkan DVR.

Di samping itu, hasil dari tangkapan gambar atau resolusi video dari kamera CCTV dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD cenderung lebih rendah dibanding kamera CCTV dengan kualitas 1/3″ CMOS/CCD. Selain itu, kamera CCTV 1/3″ CMOS/CCD mempunyai bidang yang lebih besar dari kamera CCTV 1/4″ CMOS/CCD sehingga gambar yang dihasilkan memiliki resolusi kejelasan dan ketajaman yang lebih baik.

Dilihat dari ringkasan tersebut bisa dipastikan bahwa harga kamera CCTV dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD cenderung akan lebih mahal. Sebaliknya, jika chipset pada kamera CMOS/CCD yang dipakai 1/3″ CMOS/CCD, maka bisa dipastikan kamera CCTV tersebut memiliki TVL yang lebih tinggi. Singkatnya, semakin tinggi resolusi yang dihasilkan oleh chipset kamera, maka harga jual CCTV pun akan semakin tinggi pula.

So, untuk Anda yang ingin membeli kamera CCTV dan membutuhkan bantuan untuk pemasangan kamera keamanan tersebut, maka SPC menyediakan beragam produk CCTV dan pelayanan pemasangan yang bisa dicek melalui https://ipcam.spc-indonesia.com atau bisa pula mengecek Instagram SPC Indonesia.

No comments:

Powered by Blogger.